Langsung ke konten utama

"A Day With" Pandji Pragiwaksono



Tulisan ini gue buat berdasarkan acara “A Day With” nya Kompas TV yang baru gue tonton hari ini ya hehe. Mohon maaf untuk Pandji terutama, juga Kompas TV bila ada kata-kata yang salah di postingan saya. Saya hanya mau berbagi kisah Pandji ke kalian.
Entah kenapa, gue merinding kali ini. Jujur dan maaf banget kepada Kompas TV, gue jarang nonton “A Day With,” karena waktu gak cocok sama waktu sekolah gue hehe. “A Day With” yang ber-host-kan Feni Rose, episode kali ini membahas dan mengorek sisi lain kehidupan seorang Pandji Pragiwaksono? Siapa yang gak tau sama artis yang satu ini? Sayang banget kalo gak tau, kalo gue yang ditanya gitu, mungkin rentetan jawaban akan keluar dari mulut gue.
“Oalah Pandji standup comedian itu kan?”
“Pandji yang punya komunitas Wongsoyudan?”
“Alah lu nanya gue tentang Pandji? Dia kan yang nulis Merdeka Dalam Bercanda, Berani Mengubah, sama NASIONAL.IS.ME?”
Ya mungkin gitu jawabannya. Gue gak nonton dari awal sih acara ini, tapi asli merinding di scene-scene tertentu. Intinya adalah, Feni Rose pertama kali mengorek tentang sisi kehidupan Pandji saat menjadi seorang standup comedian. Menurut dirinya sendiri, dirinya adalah standup comedian yang senang bertutur. Dia mengaku sejak SMA, jika gurunya tidak masuk atau berhalangan, dia ke depan kelas dan mencoba meng-imperssionate-kan guru tersebut saat mengajar. Pandji mengaku bingung saat ada temennya yang bilang, “Ih, Pandji nge-standup!” So, berarti temennya udah up to date banget dong haha. Pandji dibantu Steny Agustav, akhirnya ngeliat apa itu stand up comedy, versi orang barat. “Gue bisa kayak gitu, gue pasti bisa kayak gitu,” kata Pandji saat ngeliat video orang nge-standup. Ya akhirnya tahun 2010, di saat masyarakat Indonesia belum mengenal apa itu standup comedy, Pandji lah yang berani mengenalkan standup comedy kepada Indonesia! Give applause for Pandji!
            Yang bikin gue merinding lagi adalah scene saat Feni Rose mengorek lagi sisi kehidupan Pandji, lebih tepatnya tentang rasa kepedulian Pandji yang telah membangun sebuah yayasan bernama Yayasan Pita Kuning. Yayasan ini didirikan dengan Pandji sebagai pembinanya. Luar biasa menurut gue. Pandji mengaku bahwa dia mendirikan yayasan ini berasal dari satu kejadian. Kejadiannya begini:
Jadi waktu itu, Pandji sempat ada di satu rumah sakit dan melihat ada anak yang sedang terkena kanker dan bisa dibilang sudah parah. Nah, disitu lah Pandji bertanya kepada dokter yang mengobati pasien itu. “Dok, itu kalo orang tua gak mampu bayar, siapa yang biayain?” Lalu dokter jawab, “Ya ujung-ujungnya kalo gak ada yang mampu bayar, kita yang bayar.” Disitu, Pandji melihat juga sekumpulan semacam ibu-ibu arisan asing yang sedang berkumpul, ternyata membantu si anak kanker tadi. Pandji langsung mengaku malu. “Gue malu lah, itu kan anak Indonesia, kenapa jadi orang asing yang bantu dan lebih peduli?”
That’s the point! Dari situ, Pandji berbagi kisah saat siaran tahun 2006 bulan Ramadhan. Dia siaran sekali seminggu selama satu jam di bulan Ramadhan, jadi cuma 4 kali. Tapi di akhir itu, banyak yang merespon positif dan mengusulkan untuk membuat yayasan anak kanker. Hingga tahun ini, yayasan ini masih berjalan aktif. Pandji bercerita tentang salah satu anak pengidap kanker yang sekarang kini sudah tiada, bagaimana Pandji mendapat panggilan “Om Gendut”, lalu bagaimana pintarnya anak ini sehingga ketika Pandji datang ke yayasan tersebut, anak ini tidak pernah diam di kamar. Gue jujur merinding denger dari mulut Pandji sendiri dan bagaimana sedihnya Pandji saat anak ini meninggal dunia. Pandji bilang, “Sesuai visi misi yayasan ini, kita gak minta dikasihani kok, poster-poster yayasan pita kuning aja muka gembira semua. Yang ditekankan disini adalah ‘Ini lho anak-anak Indonesia, masa kalian tidak ingin melihat mereka seneng terus.’ Pandji pernah bilang, “Kalo gue lagi ngerasa sedih dan gue pergi ke yayasan pita kuning, gue jadi ngerasa bahwa ada yang lebih membutuhkan daripada gue.”
            Nah, itu udah bikin gue merinding. Satu lagi yang bikin merinding banget banget adalah cerita masa kecilnya dan kedua orangtua Pandji. “Bahwa orangtua gue pisah karena mereka udah gak cocok jadi pasangan itu emang bener, tapi untuk jadi orangtua mereka itu luar biasa.” Suss Wort! Ayah dari Pandji luar biasa, dia yang berusaha menyekolahkan Pandji. Kata Pandji, saat pendaftaran SMA, dia gak masuk negeri dan akhirnya dia daftar di salah satu sekolah swasta bagus. Hasilnya Pandji ditempatkan di cadangan urutan 3. “Wah udah gak sekolah ini mah,” kata Pandji. Pandji dan ayahnya punya kelebihan yang sama, yaitu pintar ngomong. Ayahnya yang gak punya uang untuk biaya sekolah, dan ayahnya ini setiap hari dari hari senin-jumat berusaha ngomong ke wakasek untuk menerima Pandji. Pandji sempat dipanggil wakasek dan beliau bilang, “Pandji, ayahmu setiap hari kesini lho. Kamu mau masuk sini? Kamu mau kalo kamu harus tidur di belakang? Sekalian nyapu sama ngepel?” Pandji hanya menjawab, “Mau, Pak.” Udah ketakutan gitu, ternyata wakaseknya becanda. “Haha saya becanda, kamu bisa masuk Pandji.” Ada satu lagi kisah saat Pandji sakit thypus di rumah sakit, saat bangun dari tidur, tiba-tiba ayah Pandji nanya, “Umur 50 tahun, kamu mau jadi apa?” Pandji bingung, tapi jawab dia ingin berdiri di menara Wongsoyudan yang dibawahnya ada rekan-rekan bisnisnya, dan dia menjadi yang paling tinggi disitu. Disitu ayah Pandji berkata bahwa Pandji harus sudah menyusun apa-apa yang harus dilakukan supaya mimpinya itu terjadi. Pandji saat ini mengaku sedang meniti jalan untuk menuju ke sana. Kisah lucu juga ada dari Pandji. Waktu kecil Pandji takut sama sabun karena waktu itu matanya pernah perih terkena shampoo non-baby. Sejak itu, ibunya selalu nyanyiin lagu Beatles yang liriknya, “Close your eyes and I’ll kiss you…” dengan ketukan yang kurang baik kata Pandji. Versi ibunya sangat melankolis sedangkan saat Pandji denger waktu sudah besar, nadanya gak sepelan saat ibunya nyanyi buat dia. Two thumbs buat orang tua Pandji. Ayahnya pernah bilang, “Kamu gak akan ngerasain jadi ayah. Percaya deh, kamu taruh kotoran di kepala ayah juga ayah gak akan marah sama kamu.” Pandji pun bilang ke Feni Rose, “Dan gue pahamin itu sekarang setelah gue bener-bener jadi ayah, dan itu emang bener gitu.”
            Ada kata-kata Pandji yang bikin gue merinding lagi, sukses banget bikin gue ngelamun lama. “Gue udah tahu fokus gue kemana. Gue standup, nulis buku dan bisnis dengan komunitas gue, ngurus yayasan, hip hop juga, dan ada satu projek yang sebentar lagi akan gue kenalin ke masyarakat and I’m excited for this project.” Super sekali! Dan terakhir, “Gue mau nanti kalo gue udah gak ada, semua orang mengenang gue dengan ‘Oh Pandji yang udah ngajak gue buat berkarya’.”
Gue terinspirasi sekarang dengan omongan Pandji yang panjang dan cerdas banget tadi. Sejujurnya gue masih bingung mau ngelakuin apa dulu, step by step nya masih pusing. Ya mungkin readers ada yang langsung bisa nyusun target ke depannya apa dan pikirkan umur 50 tahun mau jadi apa! Hahaha :D Oh iya, orang sukses itu gak terlepas dari peran kedua orang tua ya!


Faadhila Ramadhanti M.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eco Fun Go! Festival, Meet My New Family!

          Menjadi seorang volunteer Eco Fun Go! Festival adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Pandangan saya tentang volunteer menjadi lebih luas. Menjadi volunteer dalam acara besar ini ternyata tidak hanya menambah pengalaman saya, tetapi juga keluarga, informasi, juga motivasi baru. Mungkin terdengar ambisius, tetapi saat ada ‘lowongan’ untuk menjadi volunteer , hati saya tergerak untuk ikut karena sejujurnya jam terbang saya menjadi volunteer sangat minim. “Mungkin, ini kesempatan yang baik,” kata saya dalam hati waktu itu.            Apa yang membuat saya tertarik? Atau apa motivasi saya menjadi volunteer di Eco Fun Go! Festival? Ini adalah pertanyaan klise mungkin, kalau saja diadakan wawancara dari pihak Ecofun Community. Alhamdulillah, mereka sedang menyaring mahasiswa yang tinggal di sekitaran Bogor supaya mudah untuk mengadakan rapat dan segala persiapannya, mengingat hanya punya waktu kurang dari sebulan. Dan, saya termasuk.           Tapi, sa

Gelak Tawa dari Beragam Budaya

Viva La Komtung, kawan! Bahagia banget sih ada kontes blog review SUCI 5, jadi gue bisa memaparkan betapa sukanya gue dengan Stand Up Comedy ini. Awal gue suka sama SUCI itu tahun 2011 akhir, dimana SUCI 1 berlangsung, dan entah bagaimana gue langsung jatuh cinta sama SUCI. Gue ikutin terus acara Stand Up Comedy, entah acara tapping atau festival. Nah, yang paling ditunggu, ya, acara SUCI di KompasTV ini. Enggak kerasa, sekarang Season 5 udah kelar, dan enggak nyangka juga, cinta gue terhadap SUCI masih sama seperti 3,5 tahun lalu.             Percaya atau enggak, gue mencatat urutan-urutan komika yang tampil dari episode pertama sampai akhir. Ini gue awali dengan urutan di episode pertama, ya. Dan inilah komika-komika hebat yang bisa masuk ke tahap Show: 1.        Muhamad Tomi (TOMY) 2.        Ichsan Danny (BAIM) 3.        Indra Frimawan (INDRA) 4.        Rizky Ubaidillah (UBAY) 5.        Muhammad Rizki (RIGEN) 6.        Anjas Wira Buana (ANJAS) 7.        Barry

INAUGURASI MAXIMUSE #Magangers Batch VI Kompas Muda

     Yeah! Harus nulis lagi, berarti ada pengalaman baru lagi dari gue. Tanggal 11 Juli kemarin, MAXIMUSE atau batch gue di Kompas Muda, melaksanakan inaugurasi. Inaugurasi ini bukan pertemuan terakhir kita, hanya simbol bahwa Batch VI sudah menjadi keluarga besar Kompas! Hari yang susah buat dilupain, 11 Juli 2014. Hebohnya udah mulai dari pagi. Eh, malahan seminggu sebelumnya. Inget gak kita ribut nanya kostum apa yang mau dipake? Inget gak sehari sebelumnya kita, para perempuan bikin grup buat ngomongin catokan, hairspray, dan kawan-kawan, gara-gara gak mau ganggu kalian para laki-laki di grup MAXIMUSE? Inget gak waktu hari H kita pusing dandan di toilet, pusing mikirin pakai high heels atau flat shoes ? Inget gak para laki-laki, bingung jas dan kemeja serta dasi yang mau dipake? But, honestly, pada hari Jumat tanggal 11 Juli 2014, kita sudah tampil cantik dan ganteng kok hahaha. Hari itu, Magangers Batch V a.k.a Creafizoth udah keren banget bikin acara inaugurasi