Langsung ke konten utama

(Seorang) 19 Tahun


Tertipu

Waktu adalah sebuah tipuan

Kadang terasa cepat, juga lambat

Tapi banyak yang menggunakannya menuju kesesatan

Tertipu

Berbagai aktivitas dilakukan

Tanpa memperhatikan kesehatan

Tanpa memberikan sedikit rehat

“Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya: kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Sembilan belas tahun di dunia. Menurutmu, apa yang seseorang telah lakukan selama itu di dunia?

Tepat hari ini, seseorang telah menapaki angka itu, meninggalkan delapan belas tahun di belakang dengan sejuta keping kenangan dan beberapa harapan yang belum tercapai, serta membawa setumpuk harapan untuk menjalani hidup selanjutnya.

Emosional, egoisme, moody, sudah direvisi dari kamus seorang yang sudah menginjak sembilan belas tahun. Hapus. Anggap tidak ada sebelumnya. Bukan lagi cara menyelesaikan suatu masalah.

Apa yang seharusnya dilakukan dan dipikirkan seorang sembilan belas tahun?

Ah, cita-cita dan mimpi-mimpi idealis itu sudah pasti memenuhi kepala ini. Seorang sembilan belas tahun bukan lagi seorang yang main-main dengan pikirannya. Bagaimana cara menuju mimpinya adalah pikiran pertama dan utama. Hanya butuh satu pertanyaan tentang mimpi atau satu kalimat pancingan tentang cita-cita, seorang sembilan belas tahun akan bicara panjang lebar. Menurut saya.

Oh, menikah. Mengapa marak sekali perbincangan tentangnya? Calon, pelaminan, tempat resepsi, adat yang dipakai, dan hal kecil lainnya memenuhi obrolan. Atmosfer hari ini, tidaklah sama dengan atmosfer 3 tahun lalu, 5 tahun lalu, apalagi 10 tahun lalu. Seorang sembilan belas tahun sudah tidak memikirkan makan apa di kantin, pergi main kemana, atau nimbrung masalah percintaan orang yang berujung membicarakan hal tidak penting. Bukan, sudah bukan itu lagi, seharusnya.

Kata-kata ini lalu muncul sebagai suatu yang menarik dan harus digapai, bukan lagi sebagai iklan selewat. Komunitas, Seminar, Unit Kegiatan Mahasiswa, Forum, Discussion Group, Aksi, dan sebagainya. Itu salah satu aktivitas yang digandrungi mahasiswa, termasuk seorang sembilan belas tahun ini. Dalam rangka apa? Memantaskan diri.

Apa yang sebenarnya dicari? Cerita. Sejarah. Itu yang sebenarnya seorang sembilan belas tahun ke atas cari. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan, yang akan diceritakan. Tidak jarang pengalaman seseorang menjadi inspirasi bagi khalayak masyarakat. Iya, tanpa sadar. Sebenci-bencinya seseorang dengan sejarah, pada hakekatnya seseorang telah mengukir sejarahnya sejak kecil. Untuk apa? Dibagikan dan dijadikan pelajaran ke generasi berikutnya.

Luar biasa. Sukses, bagi seorang sembilan belas tahun mungkin masih rumit dan terkesan hebat. Tanpa disadari, semakin bertambahnya usia, ukuran sukses bukan lagi direktur utama atau pemilik saham. Karena mereka memaknai sukses sebenarnya. Maka, itu menjadi PR seorang sembilan belas tahun agar memaknai kesuksesan sebenarnya.

Terima kasih ibu, ayah, eyang, serta dua adik saya. Terima kasih teman SD-SMP-SMA-Kuliah yang masih sering mendengarkan dan ingin didengar. Terima kasih guru dan dosen yang mentransfer banyak ilmu dan tidak akan tergantikan dengan uang. Terima kasih atas do’a yang terpanjat, terdengar, dan semoga terkabul. Semoga do’a yang baik kembali kepada kalian semua. Karena sesungguhnya hari mengulang tanggal dan bulan lahir tidak untuk dirayakan, tapi direnungkan. Manusia adalah gudang kesalahan dan tidak dapat dipungkiri. Jangan pernah merasa tinggi hati dan rendah diri. Derajat seseorang hanya diukur dari ketaqwaan terhadap-Nya, bukan jabatan atau usia. Salam sukses!!

Penapak,

Raden Ajeng Faadhila Ramadhanti M.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gelak Tawa dari Beragam Budaya

Viva La Komtung, kawan! Bahagia banget sih ada kontes blog review SUCI 5, jadi gue bisa memaparkan betapa sukanya gue dengan Stand Up Comedy ini. Awal gue suka sama SUCI itu tahun 2011 akhir, dimana SUCI 1 berlangsung, dan entah bagaimana gue langsung jatuh cinta sama SUCI. Gue ikutin terus acara Stand Up Comedy, entah acara tapping atau festival. Nah, yang paling ditunggu, ya, acara SUCI di KompasTV ini. Enggak kerasa, sekarang Season 5 udah kelar, dan enggak nyangka juga, cinta gue terhadap SUCI masih sama seperti 3,5 tahun lalu.             Percaya atau enggak, gue mencatat urutan-urutan komika yang tampil dari episode pertama sampai akhir. Ini gue awali dengan urutan di episode pertama, ya. Dan inilah komika-komika hebat yang bisa masuk ke tahap Show: 1.        Muhamad Tomi (TOMY) 2.        Ichsan Danny (BAIM) 3.        Indra Frimawan (INDRA) 4.        Rizky Ubaidillah (UBAY) 5.        Muhammad Rizki (RIGEN) 6.        Anjas Wira Buana (ANJAS) 7.        Barry

Eco Fun Go! Festival, Meet My New Family!

          Menjadi seorang volunteer Eco Fun Go! Festival adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Pandangan saya tentang volunteer menjadi lebih luas. Menjadi volunteer dalam acara besar ini ternyata tidak hanya menambah pengalaman saya, tetapi juga keluarga, informasi, juga motivasi baru. Mungkin terdengar ambisius, tetapi saat ada ‘lowongan’ untuk menjadi volunteer , hati saya tergerak untuk ikut karena sejujurnya jam terbang saya menjadi volunteer sangat minim. “Mungkin, ini kesempatan yang baik,” kata saya dalam hati waktu itu.            Apa yang membuat saya tertarik? Atau apa motivasi saya menjadi volunteer di Eco Fun Go! Festival? Ini adalah pertanyaan klise mungkin, kalau saja diadakan wawancara dari pihak Ecofun Community. Alhamdulillah, mereka sedang menyaring mahasiswa yang tinggal di sekitaran Bogor supaya mudah untuk mengadakan rapat dan segala persiapannya, mengingat hanya punya waktu kurang dari sebulan. Dan, saya termasuk.           Tapi, sa

INAUGURASI MAXIMUSE #Magangers Batch VI Kompas Muda

     Yeah! Harus nulis lagi, berarti ada pengalaman baru lagi dari gue. Tanggal 11 Juli kemarin, MAXIMUSE atau batch gue di Kompas Muda, melaksanakan inaugurasi. Inaugurasi ini bukan pertemuan terakhir kita, hanya simbol bahwa Batch VI sudah menjadi keluarga besar Kompas! Hari yang susah buat dilupain, 11 Juli 2014. Hebohnya udah mulai dari pagi. Eh, malahan seminggu sebelumnya. Inget gak kita ribut nanya kostum apa yang mau dipake? Inget gak sehari sebelumnya kita, para perempuan bikin grup buat ngomongin catokan, hairspray, dan kawan-kawan, gara-gara gak mau ganggu kalian para laki-laki di grup MAXIMUSE? Inget gak waktu hari H kita pusing dandan di toilet, pusing mikirin pakai high heels atau flat shoes ? Inget gak para laki-laki, bingung jas dan kemeja serta dasi yang mau dipake? But, honestly, pada hari Jumat tanggal 11 Juli 2014, kita sudah tampil cantik dan ganteng kok hahaha. Hari itu, Magangers Batch V a.k.a Creafizoth udah keren banget bikin acara inaugurasi