Langsung ke konten utama

VIVA LA KOMTUNG!



VIVA LA KOMTUNG! BRAVO!
Gue bisa ngomong:

“WOW!”

“GILA!”

“Kerja keras para comic pendahulu sukses!”

“Keren banget!”

      Karena apa? Karena Stand Up Comedy sukses menembus negeri ini. Sebenernya, udah lama juga SUC masuk ke Indonesia dan jadi acara hiburan seluruh lapisan masyarakat. Tetapi, kali ini bener-bener berlipat.
Acara SUC seakan sudah menjadi acara ‘wajib’ di setiap stasiun televisi. Bagi yang belum tahu SUC, silakan search di youtube atau lihat acara televisi saat ini. Mungkin yang menjadi patokan adalah Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, atau Sammy Notaslimboy.
      Pertama kali gue cinta SUC ketika acara Stand Up Comedy Indonesia yang diselenggarakan oleh KompasTV tahun 2011 akhir. Entah kenapa gue suka cara para comic men-deliver keresahan mereka. Keresahan yang mereka alami, disampaikan secara komedi, bukan serius. Ada batasan-batasannya, jadi kalau bikin materi, sebaiknya dengan bimbingan para comic yang sudah punya jam terbang tinggi. Atau sekarang juga sudah diadakan lomba-lomba seperti Street Comedy yang lebih merakyat. Bagi kalian yang ternyata memiliki passion dalam Stand Up Comedy, silakan mengikuti perlombaannya.
      Jujur, gue hanya penikmat. Untuk menjadi comic, gue belum berani. Butuh keberanian dan mental yang kuat untuk menjadi comic. Gue salut dengan para comic!
      Oh iya, gue akan berbagi informasi mengenai SUC. Entah itu teknik, para comic yang sudah mempunyai jam terbang tinggi, dan acara SUC bisa ditonton atau ikuti.

TEKNIK/ISTILAH:

Comic : Orang yang melakukan SUC
Bit : Bagian utama dalam SUC, paling cuma satu sampai tiga kalimat
Rule of Three : Penggunaan 3 kalimat, dua kalimat awal sebagai set-up, yang ketiga puchline
Act Out : Teknik menggunakan gerakan dan bisa jadi tingkat keberhasilannya tinggi
Riffing : Mengajak penonton ikut dalam materi, biasanya bagian joke nya
Roasting : Biasanya membawakan materi mengenai seseorang dan menjadi bahan joke
Call Back : Menggunakan punchline di bit-bit sebelum di bit terakhir biasanya
Gimmick : Hampir mirip act out, ini sebagai alat bantu penyampaian punchline
Set-Up : Penjelasan sebelum punchline/introducing problem
Punchline : Bagian yang menjadi titik keberhasilan dalam SUC (poin lucu)
Premis : Awal keresahan comic
Impersonate : Menirukan gerakan, cara bicara seseorang, biasanya sudah terkenal
Comparison : Membandingkan dua hal atau lebih
Bomb : Materi tidak lucu
Heckler : Penonton/orang lain yang mengganggu untuk membuat comic yang tampil gagal
Open Mic : Ajang untuk comic mencoba materi baru biasanya
One Liner : Materi dengan set-up pendek lalu dilanjut punchline
Delivery : Cara comic menyampaikan materi
Line Up : Urutan comic yang akan tampil
Persona : Karakter comic yang dibawa terus saat melakukan SUC
LPM (Laugh Per Minute) : Ukuran untuk menentukan seberapa banyak tawa yang dihasilkan.

ACARA:

Stand Up Comedy Indonesia
Stand Up Comedy Academy
Stand Up Seru
Stand Up Comedy Festival
Street Comedy
Stand Up Comedy Show

COMIC:

Raditya Dika
Pandji Pragiwaksono
Arief Didu
Ryan Adriandhy
Ihsan Nur Akbar
Ernest Prakasa
Randhika Jamil
Genrifinadi Pamungkas
Gilang Bhaskara
Kemal Palevi
Topenk
Babe Cabita
Fico Fachriza
Arie Kriting
David Nurbianto
Abdur Arsyad
Dzawin Nur
Rigen
Rahmet
Indra
Sammy Notaslimboy
Awwe
Acho
Soleh Solihun
Jui Purwoto
Boris Bokir
Vikri Rasta
Yudha Keling
Dede Kendor
Mongol
Abdel Achrian
Adjis Doa Iboe
McDanny
Gitong
Beni Siregar
Newendi
Mosidik
Isman HS
Uus
Dicky
Arif Alfiansyah
Praz Teguh
Hifdzi Khoir
Ricky Wattimena
Tretan Muslim
Dani
Dodit Mulyanto
Ence Bagus
Bintang Bete
Heri Horeh
Kalis
Afif
Wira

Itu sedikit banyak pengetahuan tentang Stand Up Comedy yang gue tahu, kalau mau tahu lebih lengkap, silakan kontak para comic atau follow media sosial mereka :) Gue akan terus mengikuti perkembangan SUC Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eco Fun Go! Festival, Meet My New Family!

          Menjadi seorang volunteer Eco Fun Go! Festival adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Pandangan saya tentang volunteer menjadi lebih luas. Menjadi volunteer dalam acara besar ini ternyata tidak hanya menambah pengalaman saya, tetapi juga keluarga, informasi, juga motivasi baru. Mungkin terdengar ambisius, tetapi saat ada ‘lowongan’ untuk menjadi volunteer , hati saya tergerak untuk ikut karena sejujurnya jam terbang saya menjadi volunteer sangat minim. “Mungkin, ini kesempatan yang baik,” kata saya dalam hati waktu itu.            Apa yang membuat saya tertarik? Atau apa motivasi saya menjadi volunteer di Eco Fun Go! Festival? Ini adalah pertanyaan klise mungkin, kalau saja diadakan wawancara dari pihak Ecofun Community. Alhamdulillah, mereka sedang menyaring mahasiswa yang tinggal di sekitaran Bogor supaya mudah untuk mengadakan rapat dan segala persiapannya, mengingat hanya punya waktu kurang dari sebulan. Dan, saya termasuk.           Tapi, sa

Gelak Tawa dari Beragam Budaya

Viva La Komtung, kawan! Bahagia banget sih ada kontes blog review SUCI 5, jadi gue bisa memaparkan betapa sukanya gue dengan Stand Up Comedy ini. Awal gue suka sama SUCI itu tahun 2011 akhir, dimana SUCI 1 berlangsung, dan entah bagaimana gue langsung jatuh cinta sama SUCI. Gue ikutin terus acara Stand Up Comedy, entah acara tapping atau festival. Nah, yang paling ditunggu, ya, acara SUCI di KompasTV ini. Enggak kerasa, sekarang Season 5 udah kelar, dan enggak nyangka juga, cinta gue terhadap SUCI masih sama seperti 3,5 tahun lalu.             Percaya atau enggak, gue mencatat urutan-urutan komika yang tampil dari episode pertama sampai akhir. Ini gue awali dengan urutan di episode pertama, ya. Dan inilah komika-komika hebat yang bisa masuk ke tahap Show: 1.        Muhamad Tomi (TOMY) 2.        Ichsan Danny (BAIM) 3.        Indra Frimawan (INDRA) 4.        Rizky Ubaidillah (UBAY) 5.        Muhammad Rizki (RIGEN) 6.        Anjas Wira Buana (ANJAS) 7.        Barry

INAUGURASI MAXIMUSE #Magangers Batch VI Kompas Muda

     Yeah! Harus nulis lagi, berarti ada pengalaman baru lagi dari gue. Tanggal 11 Juli kemarin, MAXIMUSE atau batch gue di Kompas Muda, melaksanakan inaugurasi. Inaugurasi ini bukan pertemuan terakhir kita, hanya simbol bahwa Batch VI sudah menjadi keluarga besar Kompas! Hari yang susah buat dilupain, 11 Juli 2014. Hebohnya udah mulai dari pagi. Eh, malahan seminggu sebelumnya. Inget gak kita ribut nanya kostum apa yang mau dipake? Inget gak sehari sebelumnya kita, para perempuan bikin grup buat ngomongin catokan, hairspray, dan kawan-kawan, gara-gara gak mau ganggu kalian para laki-laki di grup MAXIMUSE? Inget gak waktu hari H kita pusing dandan di toilet, pusing mikirin pakai high heels atau flat shoes ? Inget gak para laki-laki, bingung jas dan kemeja serta dasi yang mau dipake? But, honestly, pada hari Jumat tanggal 11 Juli 2014, kita sudah tampil cantik dan ganteng kok hahaha. Hari itu, Magangers Batch V a.k.a Creafizoth udah keren banget bikin acara inaugurasi