Langsung ke konten utama

Teori vs Realita



Sudah berapa lama tangan ini tidak bergelut dengan keyboard seperti sekarang? Sudah terlalu ‘menyibukkan’ diri dengan urusan-urusan yang orang bilang PENTING. Membiarkan diri melupakan untuk menulis. Hehe, maaf, sedang mencoba melalui suatu proses :)
                Bertanya dengan diri sendiri mungkin terhitung beberapa kali lipat lebih banyak daripada bertanya kepada orang lain. Iya, kan?
                Kadang merasa jauh dari keramaian dan ikut dalam keramaian dalam satu waktu. Kadang merasa sendiri dan bersama-sama dalam satu waktu. Sering merasa cuek dan peduli dalam satu waktu, juga merasa terasing dan diperhatikan dalam satu waktu. Ada apa ya? Apa memang ini yang orang-orang mungkin pernah rasakan?
                Otak ini sudah berputar beberapa kali untuk bisa mengetahui perspektif setiap orang. Berusaha menyesuaikan setiap perkataan saat berbincang.  Apa itu salah? Gue tahu “Be a better person, but still be yourself” itu bener, tapi menyesuaikan diri dengan cara pandang orang lain itu juga harus, kan? Sampai sekarang pun gue belum paham dengan teori “menyesuaikan dengan perspektif orang lain” walaupun  gue sudah berusaha melakukannya selama ini. Maybe anyone help me to answer this question?
                Gue juga bingung dengan hubungan keluarga, hubungan sepasang kekasih, dan hubungan teman. Teori yang ada adalah seseorang paling dekat dengan keluarganya, di pelajaran PKN kelas 2 SD gue belajar itu. Seiring naik jenjang, teori seperti selalu kalah dengan realita. Hari spesial seseorang belum tentu diingat keluarganya, misalnya ulang tahun, tapi malah selalu dibuat berharga oleh sahabat, bahkan kekasihnya. Masalah seseorang yang pada teorinya harusnya diceritakan kepada ibu dan ayah, sekarang malah menjadi salah satu sesi obrolan dengan teman-teman. Jadi, seseorang di rumah itu untuk apa? Melakukan apa saja dengan orang tua? Atau, teori harus rutin diganti seiring bergantinya zaman?
                Maaf untuk diri sendiri, kalau diri ini sekarang belum bisa menjadi orang yang “do the whole things by my own way”. Teori-teori yang terkalahkan oleh realita itu yang saat ini masih mengganggu pikiran. Jujur, susah mengungkapkan masalah ini dengan kata-kata. Terlalu banyak misteri yang ingin diungkap. Maka tercetuslah kata-kata, “Jika ingin mengarungi dunia, tidak cukup dengan hanya memiliki satu ilmu”.
Sejatinya, manusia memang tidak pernah puas dengan apa yang sudah ada di dalam dirinya. Rasa penasaran tidak pernah bisa disembunyikan. Jadi, biarkan setiap jiwa menjalankan hidupnya dengan caranya masing-masing. Walaupun seperti gue, belum merasa jadi diri sendiri, tapi gue mencoba menjalankan ‘perasaan’ itu dengan cara gue.
Curi dengar dari dua orang teman yang hebat, “The Power of No Judging”. Hal yang seharusnya orang-orang lakukan di masa ini. Tapi, realita yang ada adalah “Let’s Judge Someone”. Lagi-lagi realita mendepak habis teori.
Ya Rabb, berikan petunjukmu. Hamba yang sedang menulis ini sangat ingin dituntun, ditutupkan jalan kanan dan kirinya yang bisa menjerumuskan, dan selalu ingin diterangkan jiwanya. Aamiin aamiin ya Rabb…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eco Fun Go! Festival, Meet My New Family!

          Menjadi seorang volunteer Eco Fun Go! Festival adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Pandangan saya tentang volunteer menjadi lebih luas. Menjadi volunteer dalam acara besar ini ternyata tidak hanya menambah pengalaman saya, tetapi juga keluarga, informasi, juga motivasi baru. Mungkin terdengar ambisius, tetapi saat ada ‘lowongan’ untuk menjadi volunteer , hati saya tergerak untuk ikut karena sejujurnya jam terbang saya menjadi volunteer sangat minim. “Mungkin, ini kesempatan yang baik,” kata saya dalam hati waktu itu.            Apa yang membuat saya tertarik? Atau apa motivasi saya menjadi volunteer di Eco Fun Go! Festival? Ini adalah pertanyaan klise mungkin, kalau saja diadakan wawancara dari pihak Ecofun Community. Alhamdulillah, mereka sedang menyaring mahasiswa yang tinggal di sekitaran Bogor supaya mudah untuk mengadakan rapat dan segala persiapannya, mengingat hanya punya waktu kurang dari sebulan. Dan, saya termasuk.           Tapi, sa

Gelak Tawa dari Beragam Budaya

Viva La Komtung, kawan! Bahagia banget sih ada kontes blog review SUCI 5, jadi gue bisa memaparkan betapa sukanya gue dengan Stand Up Comedy ini. Awal gue suka sama SUCI itu tahun 2011 akhir, dimana SUCI 1 berlangsung, dan entah bagaimana gue langsung jatuh cinta sama SUCI. Gue ikutin terus acara Stand Up Comedy, entah acara tapping atau festival. Nah, yang paling ditunggu, ya, acara SUCI di KompasTV ini. Enggak kerasa, sekarang Season 5 udah kelar, dan enggak nyangka juga, cinta gue terhadap SUCI masih sama seperti 3,5 tahun lalu.             Percaya atau enggak, gue mencatat urutan-urutan komika yang tampil dari episode pertama sampai akhir. Ini gue awali dengan urutan di episode pertama, ya. Dan inilah komika-komika hebat yang bisa masuk ke tahap Show: 1.        Muhamad Tomi (TOMY) 2.        Ichsan Danny (BAIM) 3.        Indra Frimawan (INDRA) 4.        Rizky Ubaidillah (UBAY) 5.        Muhammad Rizki (RIGEN) 6.        Anjas Wira Buana (ANJAS) 7.        Barry

INAUGURASI MAXIMUSE #Magangers Batch VI Kompas Muda

     Yeah! Harus nulis lagi, berarti ada pengalaman baru lagi dari gue. Tanggal 11 Juli kemarin, MAXIMUSE atau batch gue di Kompas Muda, melaksanakan inaugurasi. Inaugurasi ini bukan pertemuan terakhir kita, hanya simbol bahwa Batch VI sudah menjadi keluarga besar Kompas! Hari yang susah buat dilupain, 11 Juli 2014. Hebohnya udah mulai dari pagi. Eh, malahan seminggu sebelumnya. Inget gak kita ribut nanya kostum apa yang mau dipake? Inget gak sehari sebelumnya kita, para perempuan bikin grup buat ngomongin catokan, hairspray, dan kawan-kawan, gara-gara gak mau ganggu kalian para laki-laki di grup MAXIMUSE? Inget gak waktu hari H kita pusing dandan di toilet, pusing mikirin pakai high heels atau flat shoes ? Inget gak para laki-laki, bingung jas dan kemeja serta dasi yang mau dipake? But, honestly, pada hari Jumat tanggal 11 Juli 2014, kita sudah tampil cantik dan ganteng kok hahaha. Hari itu, Magangers Batch V a.k.a Creafizoth udah keren banget bikin acara inaugurasi